[PDF] 1010 Resep Asli Masakan Indonesia - eBooks Review

1010 Resep Asli Masakan Indonesia


1010 Resep Asli Masakan Indonesia
DOWNLOAD
READ

Download 1010 Resep Asli Masakan Indonesia PDF/ePub or read online books in Mobi eBooks. Click Download or Read Online button to get 1010 Resep Asli Masakan Indonesia book now. This website allows unlimited access to, at the time of writing, more than 1.5 million titles, including hundreds of thousands of titles in various foreign languages. If the content not found or just blank you must refresh this page



1010 Resep Asli Masakan Indonesia


1010 Resep Asli Masakan Indonesia
DOWNLOAD
READ
Author :
language : id
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Release Date : 2008

1010 Resep Asli Masakan Indonesia written by and has been published by Gramedia Pustaka Utama this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2008 with categories.




Makanan Tradisional Indonesia Seri 2


Makanan Tradisional Indonesia Seri 2
DOWNLOAD
READ
Author : Umar Santoso
language : id
Publisher: UGM PRESS
Release Date : 2019-07-16

Makanan Tradisional Indonesia Seri 2 written by Umar Santoso and has been published by UGM PRESS this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2019-07-16 with Cooking categories.


Buku ini akan mengajak Anda berkelana ke dunia cita rasa dan kenikmatan dengan menyajikan 58 resep sup Nusantara seperti sup buntut, rawon, sup saudara, tekwan, dan sup-sup lezat yang lain. Ada pula 44 resep mi dan variannya yang Anda sukai seperti bakmi kopyok, mi ayam, mi Aceh, mi kocok, dan lain-lain, juga set menu nasi seperti nasi kapau, nasi briani, nasi jinggo, nasi jamblang, nasi liwet, nasi bakar, nasi uduk yang semuanya 71 resep. Tidak ketinggalan nasi goreng yang tersohor nikmatnya di dunia, yaitu masakan Indonesia akulturasi Cina yang ragamnya di Nusantara ada 60 resep, antara lain nasi goreng Jawa, nasi goreng teri Medan, dan nasi goreng Bali. Belum lagi yang segar dan menarik berupa hidangan berbasis sayuran yang terlacak ada 34 resep, antara lain karedok leunca, pecel semanggi, asinan betawi, rujak cingur, dan seterusnya. Sungguh petualangan cita rasa yang mendebarkan dan menarik untuk dicoba. Kenikmatan itu akan bertambah dengan terdapatnya uraian tentang asal usul nama, riwayat, atau legenda tentang hidangan yang 267 resepnya tersedia. Informasi tentang manfaat serta nilai gizi tentang kesehatan dijelaskan secara gamblang, demikian pula penyajiannya. Kiranya sayang untuk melewatkan waktu Anda dengan tidak membaca buku ini. Selamat berkelana dalam cita rasa untuk mengagumi kekayaan budaya kuliner Nusantara.



Makanan Tradisional Indonesia Seri 1


Makanan Tradisional Indonesia Seri 1
DOWNLOAD
READ
Author : Eni Harmayani
language : id
Publisher: UGM PRESS
Release Date : 2019-07-16

Makanan Tradisional Indonesia Seri 1 written by Eni Harmayani and has been published by UGM PRESS this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2019-07-16 with Technology & Engineering categories.


Makanan tradisional merupakan bagian penting dari kehidupan masyarakat, baik kontribusinya dalam memberikan asupan gizi maupun peranannya sebagai bagian dari budaya masyarakat yang patut untuk dilestarikan. Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman hayati yang tinggi, memiliki berbagai macam makanan tradisional baik berbasis nabati maupun hewani. Makanan fermentasi tradisional merupakan komoditas pangan yang ekonomis karena bersumber dari pangan lokal. Terlebih lagi makanan fermentasi tradisional ini memiliki arti penting dalam memperkuat jati diri bangsa, sebagai icon dan identitas dari daerah tertentu, seperti tempe, semayi, dan cabuk dari Jawa Tengah, growol dan gathot dari Yogyakarta, tape Muntilan, brem padat Madiun, tempoyak dari Sumatra, dadih dari Sumatra Barat, bekasam dari Kalimantan, dan lain-lain. Selain meningkatkan aroma dan cita rasa, fermentasi tradisional ternyata juga berkontribusi bagi kesehatan seperti meningkatkan nilai gizi makanan, sumber probiotik dan prebiotik, dan memproduksi berbagai senyawa bioaktif yang menguntungkan. Sate dan soto merupakan kuliner populer khas Indonesia yang telah mengakar dan dikenal di seluruh pelosok tanah air. Ragam sate Indonesia mencapai 85 resep yang merupakan kuliner khas dari 27 daerah di seluruh Indonesia. World Street Food Congress 2013 bahkan telah memilih sate ayam, soto ambengan, nasi kapo bukittinggi, nasi campur bali Made Weti masuk sebagai kategori 20 besar makanan ternikmat di Asia. Kelengkapan makan sate tidak hanya dibakar bersama bumbu saja, tetapi juga disertai irisan bawang merah, kubis, cabai, tomat, kecap, saus kacang, dengan bumbunya yang gurih, semua tertulis lengkap termasuk resepnya di dalam buku ini. Soto merupakan masakan berkuah berbasis kaldu asli Indonesia karena bumbunya yang terdiri atas rempah-rempah khas negeri ini. Nasi soto merajai makanan pinggir jalan yang tidak sepi peminat karena praktis, selalu disajikan hangat sekaligus gurih dan segar oleh sambal dan perasan jeruk nipis. Beragam variasi soto menyebabkan orang tidak pernah bosan untuk mencicipinya. Mulai soto padang, soto medan, tekwan, soto betawi, soto bandung, soto semarang, tauto pekalongan, sroto sokaraja, soto kadipiro, soto ambengan, soto kudus, sampai coto makasar hingga 49 resep soto dari seluruh Indonesia dijelaskan di dalam buku ini. Demikianlah semua kenikmatan di bumi Indonesia telah tersaji di depan pembaca.



Profil Struktur Bumbu Dan Bahan Dalam Kuliner Indonesia


Profil Struktur Bumbu Dan Bahan Dalam Kuliner Indonesia
DOWNLOAD
READ
Author : Murdijati Gardjito
language : id
Publisher: UGM PRESS
Release Date : 2018-08-14

Profil Struktur Bumbu Dan Bahan Dalam Kuliner Indonesia written by Murdijati Gardjito and has been published by UGM PRESS this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2018-08-14 with Social Science categories.


Dalam buku ini telah dilakukan bedah kuliner terhadap 34 “cuisine” Indonesia dari aspek struktur, bumbu, serta bahannya. Dalam buku ini terangkum profil struktur, bumbu, dan bahan dalam kuliner Indonesia yang terdiri atas ribuan jenis hidangan yang dapat tersaji di meja makan seluruh bangsa Indonesia yang sebelumnya belum pernah dihitung. Kuliner yang terkait dengan aspek sosial budaya dari berbagai etnis di Indonesia telah didapatkan dan dicari benang merahnya satu sama lain. Dari hasil penelitian ini didapatkan lebih dari tiga ribu nama hidangan yang terdiri atas makanan utama (208 macam), lauk pauk nabati dan hewani (1.800 macam), kudapan basah dan kering (hampir seribu macam), dan minuman dari seluruh negeri teridentifikasi hampir 150 macam. Hal ini merupakan salah satu bukti Indonesia merupakan dapur gastronomi terbesar di dunia. Biodiversity (keanekaragaman) yang sangat tinggi dipadu dengan lebih dari 130 jenis bumbu telah mendukung terciptanya hidangan seluruh negeri. Pembahasan bumbu khas daerah dapat dibaca dalam buku ini untuk mengetahui sebaran dan pancaran kenikmatan dalam seluruh pulau zamrud khatulistiwa yang termasyhur itu. Indonesia telah membumbui dunia sejak revolusi cita rasa di Prancis tahun 1500. Hal ini dikemukakan dalam buku ini. Diungkapkan pula pada setiap daerah terdapat bumbu khas masing-masing pada 34 daerah kuliner yang ada. Pengaruh bangsa-bangsa lain di dunia (Arab, Persia, Turki, Kamboja, India, Melayu, dan Cina) serta akulturasi internal etnis dalam negeri seperti pengaruh kuliner Aceh di Minangkabau, pengaruh Minangkabau di Jambi, Riau, Kalimantan Barat, Bugis, dan Mandar, juga pengaruh Jawa di Lampung sangat mewarnai ragam kuliner Indonesia. Hal-hal yang istimewa yang terjadi dalam kuliner Indonesia yang menyangkut struktur, bumbu, dan bahan dibahas tuntas dalam buku ini. Pembaca yang ingin tahu mengenai struktur, bumbu, dan bahan dalam kuliner Indonesia dapat melakukan pendalaman melalui tulisan yang ditulis secara komprehensif ini. Dalam buku ini tergiring arah pemikiran untuk mengidentifikasi ikon kuliner Indonesia dengan berbagai pertimbangan yang penting. Terbukti bahwa rendang dan es cendol telah terpilih sebagai makanan lezat di tingkat dunia. Rijsttafel telah mampu menjadi ikon makanan Indonesia, khususnya di Belanda. Menurut sebarannya, gulai, soto, dan sate pantas menjadi representasi dalam hidangan Indonesia. Disusul hidangan gado-gado, makanan berbasis tempe, serta aneka kudapan berbasis beras, ketan, dan singkong. Memahami kuliner Indonesia sungguh pengalaman berharga karena menikmati hidangan merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan apalagi ditinggalkan dalam hidup ini. Memahami kuliner Indonesia dapat meningkatkan rasa cinta tanah air dan bangsa.



99 Masakan Harian Ala Resto


99 Masakan Harian Ala Resto
DOWNLOAD
READ
Author : PUSPA SWARA
language : id
Publisher: Puspa Swara
Release Date : 2014-07-17

99 Masakan Harian Ala Resto written by PUSPA SWARA and has been published by Puspa Swara this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2014-07-17 with categories.


PENULIS: SAHAK & NENIS ISBN:978 602 9173 22 2 Memanjakan lidah dengan hidangan selezat sajian RESTO kini hadir di rumah Anda. Dari selera INDONESIA, ASIA, bahkan BARAT. Intip dan praktikkan dari buku ini. Ada gurami saus nanas, gulai kepala kakap, ayam betutu, pho mi, sukiyaki, seafood tom yam, zuppa soup, lasagna, hingga casserole. DISUSUN praktis dan mudah Anda ikuti. Plus resep-resep APPETIZER dan DESERT makin membuat sajian harian keluarga Anda lengkap. Yuk praktikkan!



Ragam Lauk Pauk Sumatra Bagian 2


Ragam Lauk Pauk Sumatra Bagian 2
DOWNLOAD
READ
Author : Murdijati-Gardjito
language : id
Publisher: Penerbit Andi
Release Date : 2024-06-28

Ragam Lauk Pauk Sumatra Bagian 2 written by Murdijati-Gardjito and has been published by Penerbit Andi this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2024-06-28 with Cooking categories.


Masyarakat Sumatra dikenal pandai mengolah bahan baku menjadi lauk-pauk dengan beragam bumbu rempah yang berlimpah, di mana digunakan sebanyak 123 bumbu rempah dalam hidangan khas Sumatra. Jika ditelusuri ke belakang, penggunaan beragam rempah ini tidak lepas dari pengaruh bangsa asing yang dahulu pernah singgah dan berdagang di Sumatra, tepatnya Aceh sebagai pintu perdagangan dunia. Selain rempah, terdapat pula bumbu khas seperti rusip dan tempoyak yang membuat hidangan khas Sumatra lebih berwarna. Tidak ketinggalan adanya penggunaan santan dengan variasi tingkat kekentalan juga tidak luput dari keseharian mayoritas masyarakat Sumatra. Tidak heran jika kuliner Sumatra dikenal memiliki cita rasa yang kaya mulai dari pedas, asam, hingga gurih, semuanya tersaji dalam hidangan kuliner milik masyarakat Sumatra. Dalam buku Pusaka Citarasa Indonesia seri ini pembaca akan diajak mengenal lebih dekat aneka lauk-pauk khas Sumatra dari kawasan kuliner Melayu Riau, Jambi, Bengkulu, Palembang, Bangka Belitung, dan Lampung. Pembaca disajikan berbagai ulasan dan resep lauk-pauk dari kawasan kuliner ini mulai dari ayam kokek dari Melayu Riau hingga lempah khas Bangka Belitung dan pisro dari Lampung yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Sungguh kekayaan kuliner Indonesia yang sayang untuk dilewatkan



Kuliner Sunda Nikmat Sedap Melegenda


Kuliner Sunda Nikmat Sedap Melegenda
DOWNLOAD
READ
Author : Murdijati Gardjito
language : id
Publisher: UGM PRESS
Release Date : 2024-01-16

Kuliner Sunda Nikmat Sedap Melegenda written by Murdijati Gardjito and has been published by UGM PRESS this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2024-01-16 with Biography & Autobiography categories.


Buku berjudul Kuliner Sunda Nikmat Sedap Melegenda lnl merupakan buku yang mengupas lebih dalam mulai dari perbedaan penyebutan Pasundan, Parahyangan, Pajajaran. Galuh. dan Pakuan. serta sejarah penyebutan kata “Sunda" pertama kali digunakan. Dijelaskan pula mengenal potensi kekayaan yang terdapat di Tanah Sunda sebagai pendukung kemajuan kulinernya. fungsi makanan dalam setiap prosesi upacara adat yang dilakukan orang Sunda, hingga kebiasaan makan orang Sunda yang unik dan tidak ditemui pada suku lain di Indonesia, yaitu gemar makan lalap ditemani dengan sambal. Sebagai suku yang gemar mengonsumsi dedaunan mentah (tanpa proses pengolahan). tidak heran jika orang Sunda Iebih jeli dalam memilih aneka jenis dedaunan untuk dijadikan lalap. Bahkan, jenis dedaunan yang oleh sebagian orang dianggap sebagai gulma. oleh orang Sunda dedaunan ini akan diolah menjadi penganan nikmat. misalnya penganan yang berasal dari tanaman genjer. Tidak ketinggalan dipaparkan mengenai terbentuknya Kota Bandung akibat pengaruh orang kaya Belanda perkebunan yang mencari hiburan ke Kota Bandung sehingga membuat struktur Kota Bandung memiliki keunikan dibandingkan kota lain di Indonesia. Selain itu. Kota Bandung sebagai pemicu kreativitas keanekaragaman kuliner menghasilkan variasi makanan Sunda yang menjadi legenda dan telah memikat para pencinta kuliner untuk datang dan mencicipi kuliner Sunda. Misalnya dodol Garut, manisan Cianjur, tahu Sumedang, asinan Bogor, oncom, peuyeum, tauco, dan masih banyak lagi. Buku ini juga dilengkapi dengan lebih dari 200 resep makanan, seperti nasi tutug oncom; olahan daging seperti gepuk, bekakak, dan satai maranggi; aneka lauk-pauk yang digoreng, mulai dari ayam goreng, ikan goreng, bala-bala (bakwan); aneka jenis pepes yang sudah menjadi ciri khas masakan Sunda; hingga makanan inovasi yang tentunya sudah memiliki nama dan diburu wisatawan ketika berkunjung ke Tanah Sunda, yaitu seblak, brownies kukus, dan surabi oncom. Dengan demikian, buku ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai kekayaan kuliner Sunda yang sudah dikenal seantero Nusantara.



Reza In Holland Masak Masakan Indonesia


Reza In Holland Masak Masakan Indonesia
DOWNLOAD
READ
Author : Reza Permadi
language : id
Publisher: Gramedia Pustaka Utama
Release Date : 2022-10-06

Reza In Holland Masak Masakan Indonesia written by Reza Permadi and has been published by Gramedia Pustaka Utama this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2022-10-06 with Cooking categories.


Chef sekaligus pemilik channel YouTube Reza in Holland ini sangat cinta dengan masakan Indonesia, walaupun tinggal lama di Eropa, khususnya di Belanda sejak usia remaja, hati dan jiwanya masih Indonesia. Penulis merasa masih punya lidah yang harus makan nasi 3 kali sehari. Baginya ada kebanggaan sendiri membuat masakan Indonesia. Untuk content di YouTube-nya, Penulis membuat sendiri video masak memasak yang berlokasi di dapur restoran masakan Indonesia tempat penulis bekerja. Dapurnya sempit tapi peralatannya serba canggih dan modern. Menariknya selain berakstrasi menampilkan behind the scene pembuatan menu-menu wajib yang disajikan di restoran tersebut, penulis selalu menyempatkan diri memasak menu makan siang yang berbeda untuk disantap bersama teman-teman kerjanya, dan sudah tentu menu masakan Indonesia, yang selalu bikin ngiler para pemirsanya. Di YouTube tersebut selain aktrasi masak memasak yang tidak membosankan, penulis seringkali sharing video kuliner seperti serta tempat-tempat di Belanda yang menyajikan masakan Indonesia dan bahan-bahan masakan Indonesia. Setiap video yang di-sharing selalu mendapat banyak tanggapan dan komentar dari para pemirsanya, ratusan bahkan ribuan. Mereka semua sangat terinspirasi dan terbantu dengan content masak-memasak yang ada di YouTube penulis. Penulis pertama kali terjun di YouTube pada Desember 2020, dan mendapat penghargaan Silver Button dari YouTube pada Maret 2022. Buku ini menyajikan sebagian resep-resep masakan Indonesia yang ada di You-Tube Reza in Holland. Berisi 60 resep masakan Indonesia yang dikelompokkan dalam beberapa Bab, yaitu Sambal, Hidangan Sayur, Ikan, Ayam, Daging, Tempe Tahu Telur, Nasi, dan Rupa-rupa. Buku yang dibuat atas permintaan para pemirsa setia YouTube Reza in Holland yang per Agustus 2022 ini telah mencapai 116K subscriber dengan content lebih dari 250 video.



The Food Of Indonesia


The Food Of Indonesia
DOWNLOAD
READ
Author : Lother Arsana
language : en
Publisher: Tuttle Publishing
Release Date : 1999

The Food Of Indonesia written by Lother Arsana and has been published by Tuttle Publishing this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 1999 with Cookbooks categories.


These beautiful books offer complete information on ingredients, utensils, and cooking techniques. Each volume presents the best authentic recipes and detailed explorations of the cultural context in which dishes are created and enjoyed. Each title contains 70 to 90 beautiful full-color photographs and a range of mouth-watering recipes by some of the area's best chefs.



Asean Corporate Governance Scorecard


Asean Corporate Governance Scorecard
DOWNLOAD
READ
Author : Asian Development Bank
language : en
Publisher: Asian Development Bank
Release Date : 2014-06-01

Asean Corporate Governance Scorecard written by Asian Development Bank and has been published by Asian Development Bank this book supported file pdf, txt, epub, kindle and other format this book has been release on 2014-06-01 with Business & Economics categories.


Corporate governance principles provide guidance on how corporations should operate. Adoption of international corporate governance best practices leads to long-term sustainability and resilience, and can be a competitive tool to attract foreign investments. The Asian Development Bank, in partnership with the ASEAN Capital Markets Forum, have jointly developed the ASEAN Corporate Governance Scorecard, an assessment based on publicly available information and benchmarked against international best practices that encourage publicly listed companies to go beyond national legislative requirements. This report can be used by capital market regulators and other stakeholders as a reference to understand the current corporate governance standards across the region. It is also a useful diagnostic tool to guide improvement of corporate governance standards.